Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Metode Dasar Melakukan Gerakan Push Up Dengan Sempurna

Bagaimana cara melakukan push up dengan baik dan benar ? Push up adalah salah satu gerakan olahraga yang memanfaatkan berat badan tubuh sebagai bebannya.Gerakan push up sangatlah sederhana,Anda hanya perlu menahan badan dan nurunkan ke bawah mendekati lantai ,kemudian diangkat lagi keatas secara perlahan.Pasti semua sudah pernah melihat gerakan push up,namun jika dipraktekkan tidak semudah seperti yang kalian bayangkan kalau Anda tidak pernah melatih dan tau tehniknya.

Jika kalian ingin masuk Militer,pasti push up sangat dibutuhkan pada saat tes jasmani.Push up dasar adalah cara yang sangat efektif untuk melatih otot dada dan lengan.Keunggulan dari olahraga ini tidak memerlukan ruang yang lebar dan bisa anda lakukan dimana saja dan kapanpun yang anda mau.Kali ini Seni Pencak akan memberikan tutorial dasar-dasar gerakan push up dengan baik dan benar seperti yang dilansir dari wikihow.com.Perhatikan dibawah ini :

1.Posisikan tubuh Anda tengkurang di atas lantai




Anda harus menjaga posisi kaki tetap berdekatan.Berat badan anda harus dibebankan pada bagian dada.

a.)Posisikan telapak tangan anda diatas lantai ,sekitar selebar bahu Anda.Keduanya harus berada disebelah bahu Anda,dengan posisi siku mengarah ke jari-jari kaki Anda.

b.)Jika permukaan yang akan gunakan untuk melakukan push up tidak terlalu keras (misalnya karpet) Anda bisa menopang tubuh menggunakan buku-buku jari Anda dengan cara mengepalkan tangan,untuk menciptkan tantangan yang lebih sulit.Jika pada permukaan keras pertimbangkan untuk menggunakan beberapa jenis pegangan push up.

c.)Tekuklah jari-jari kaki ke atas (ke arah kepala anda).Pangkal jari-jari kaki harus menyentuh lantai.

2.Angkatlah tubuh menggunakan kedua lengan Anda



Pada saat posisi ini berat badan tubuh Anda harus ditopang oleh tangan dan pangkal jari kaki.Posisi tubuh Anda harus menyentuh garis luruh dari kepala hingga tumit.Ini adalah posisi awal dan posisi akhir dari satu gerakan push up.

3.Anda bisa pilih jenis push up yang paling tepat

Dalam push up dasar ada 3 jenis variasi ,masing-masing menggunakan otot yang berbeda.Perbedaannya posisi tangan Anda ketika berada diposisi “Plank”.Semakin dekat posisi kedua tangan,semakin besar melibatkan otot trisep.Sedangkan semakin lebar posisi kedua tangan ,semakin besar melibatkan otot dada.

Cara Melakukan Push Up Dasar Dengan Baik dan Benar

1.Posisiskan tubuh Anda dengan baik

Anda bisa memposisikan tubuh anda mulai dari bawah dulu atau dari atas.Yang terpenting anda harus menjaga tubuh anda tetap lurus.

2.Mulai turunkan tubuh Anda ke lantai,hingga siku membentuk sudut 90 derajat



Jika posisi Anda dimulai dari bawah,angkat perlahan tubuh anda keatas,sampai posisi kedua tangan anda lurus.Kemudian turunkan secara perlahan jangan sampai menyentuh lantai.Jika posisi awal dari atas,jagalah siku agar tetap dekat dengan tubuh Anda.

Hal itu bertujuan untuk menghasilkan resistensi yang lebih besar.Usahakan ujung hidung Anda tetap mengarah kedepan.Jagalah tubuh Anda tetap berada pada posisi lurus.Tarik napas sampil menurunkan tubuh anda.

3.Angkatlah tubuh Anda dengan gerakan mendorong lantai agar menjauh dari Anda.



Hembuskanlah nafas saat mendorong,ekuatan mendorong berasal dari otot dada dan bahu.Jangan tergoda untuk menggunakan pantat atau perut Anda.Lanjutkan dorongan hingga lengan Anda hampir berada dalam posisi lurus lagi (tetapi tidak terkunci).

4.Ulangi menurunkan dan mengangkat tubuh Anda secara stabil

Satu gerakan naik turun akan dihitung Anda melakukan satu kali push up.Lakukan latihan ini sampai Anda mencapai kekuatan maksimum.

Catatan :

Jika anda belum pernah melakukan gerakan push up sama sekali,mulailah dengan gerakan dari bawah.Biasanya jika anda belum terbiasa posisi tubuh anda agak sedikit tidak lurus pada bagian bokong dan perut.Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjaga agar tubuh tetap lurus.Setelah itu lakukan gerakan naik turun secara perlahan,untuk mendapatkan gerakan push yang baik dan benar.

Pada saat latihan ajaklah seorang teman untuk melihat posisi anda,apabila ada yang salah mintalah tolong untuk membenarkannya.Selain itu Anda bisa lakukan latihan ini didekat cermin,untuk mengetahui posisi tubuh Anda.Jangan jadikan latihan ini sebagai beban,namun lakukanlah dengan senang.Dengan begitu latihan akan terasa ringan. Baca jua Proses dan Syarat Adopsi Anak

Pada saat melakukan push up pandangan harus lurus kedepan.Untuk masalah jarak antara tubuh dan lantai bisa bervariasi ,tergantung pada kekuatan dan tubuh Anda.Meskipun demikian jarak terbaik antara tubuh dengan lantai adalah setinggi kepalan tangan.

Demikianlah Cara melakukan gerakan dasar push up dengan baik dan benar.Latihan seperti ini sangat cocok bagi Anda para pemula yang belum pernah melalukan gerakan push up.Gerakan push up dasar Anda harus kuasai terlebih dahulu,untuk mendapatkan gerakan push dengan sempurna.Untuk masalah repetisi,gampang.Jika tubuh Anda sudah kuat saya yakin anda akan bisa melakukan push up dalam jumlah banyak.Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Metode Dasar Melakukan Gerakan Push Up Dengan Sempurna"