Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Sebab dan Cara Memperbaiki Lampu Motor Redup Saat di Gas

Ketika anda akan berkendara pada malam hari dan akan melewati jalanan yang banyak tikungan dan belokannya, selain itu jalanan yang akan anda lalui juga tidak rata alias banyak lobang – lobang yang anda temui di sepanjang jalan, tentunya sistem penerangan yang anda butuhkan untuk dapat melalui medan seperti ini haruslah sistem penerangan yang memang benar – benar terang dan bagus ya sobat. fungsi lampu tembak jarak dekat dan jarak jauh juga menjadi komponen pendukung penting dalam hal ini.

Pasalnya jika kendaraan anda minim penerangan alis lampu kendaran anda redup, jangan coba – coba untuk melintasi daerah seperti ini ya sobat karena hanya akan membahayakan anda tentunya, dan juga akan membahayakan orang lain juga yang sedang  melintasi daerah tersebut.

Pastikan sebelum anda akan melewati medan seperti dijelaskan di atas, sistem penerangan pada kedaraan anda harus menjadi prioritas utama yang harus anda perhatikan. Lakukan pengecekan terlebh dahulu untuk memastikan sistem penerangan pada kendaraan anda benar – benar “ oke “ sebelum anda menggunakannya. Sebagai penerangan utama, pastinya insentitas cahaya lampu anda juga merupakan hal utama yang harus anda perhatikan ya sobat, terutama lampu bagian kepala ( head lamp) pada kendaraan kesayangan anda.

Tetapi masalah yang sering sekali terjadi yang kita alami adalah pada saat di gas, lampu motor kita tiba – tiba saja redup tanpa tahu penyebabnya sebelumnya. Padahal sebelum menggunakan kendaraan tersebut anda sudah mengecek terlebih dahulu, namun tetap saja ada kendala yang kita temui apda saat menggunakan kendaraan tersebut.

Cara Memperbaiki Lampu Motor Redup

Apabila anda berada dalam  posisi ini pastinya akan bingung ya sobat, bingung tentang bagaimana caranya untuk tetap melalui jalanan dengan medan yang curam padahal minim penerangan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, ada baiknya sobat semua mengerti dan mengetahui apa sebenarnya penyebab lampu motor yang redup pada saat di gas, karena tidak mungkin sama sekali ya sobat anda berkendara tanpa melakukan pengegasan. Untuk menjawab semua kegundahan anda sobat, ada baiknya sobat smeua menyimak ulasan yang akan penulis sampaikan pada artikel kali ini mengenai penyebab lampu motor redup saat di gas agar sobat semua bisa mengantisipasi sebelum hal tersebut terjadi. Mari sobat kita simak ulasan berikut ini bersama – sama.

1. Rusaknya Bagian Kiprok

Penyebab lampu motor redup saat di gas yang pertama ialah kerusakan pada bagian kiprok.Pada saat anda melakukan gas tetapi lampu kendaraan atau motor anda tiba – tiba redup, dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kemungkinan masalah ini disebabkan oleh rusaknya kiprok pada motor kesayangan anda sobat. Kiprok ini merupakan bagian dari kendaraan atau bagian dari lampu anda yang berfungsi untuk mengatur sistem kelistrikan ada motor anda.

Jika menemukan masalah seperti ini, ada baiknya anda segera melakukan penggantian kiprok yang lama anda dengan kiprok yang baru ya sobat, agar tidak mengganggu kelancaran dan keselamatan perjalanan anda. Bagian ini juga terkadang menjadi penyebab lampu motor mati semua, oleh karena itu anda perlu mengetahuinya lebih lanjut.

2. Masalah Pada Bagian Voltage Stabilizer

Penyebab lampu motor redup saat di gas yang kedua yakni terjadi masalah pada bagian voltage stabilizer.Pada saat di gas lampu motor anda malah redup, bisa juga diakibatkan oleh tidak adanya voltage stabilizer yang terpasang pada motor anda. Voltage stabilizer ini penting untuk anda pasang ya sobat, agar energi listrik yang dihasilkan oleh kiprok dan disalurkan ke bagian lampu kendaraan anda tetap stabil.

Jadi apabila anda melakukan pengegasan terhadap motor anda pada saat anda berkendara, lampu motor anda tidak akan redup lagi, karena sudah ada voltage stabilizer yang akan mengatur sistem kelistrikan pada kendaraan anda.

3. Baterai atau Aki Motor Anda Sudah Lemah

Penyebab lampu motor redup saat di gas selanjutnya ialah aki mulai lemah. Seperti yang kita ketahui bersama, sistem kelistrikan pada motor anda bersumber dari aki motor anda sendiri. Aki atau baterai pada motor anda bertugas sebagai alat yang menyimpan arus listrik. Pada kebanyakan kasus lampu motor yang redup pada saat di gas, juga tidak terlepas dari pengaruh aki yang suah mulai soak atau aus.

Jelas ya sobat, jika aki yang berfungsi sebagai media penyimpanan arus listrik saja sudah aus, sudah barang tentu komponen motor anda yang lainnya yang bergantung pada sistem kelistrikan juga akan mengalami ganggunan. Tidak terkecuali juga dengan lampu motor anda. Untuk itu pastikan aki motor anda dalam keadaan “ oke “ sebelum anda menggunakan kendaraan anda ya sobat, agar tidak mendatangkan masalah yang menyusahkan anda nantinya. penyebab aki motor cepat drop merupakan masalah yang wajib anda pahami untuk meminimalisir masalah pada penerangan.

4. Kabel Lampu Meleleh

Faktor yang lainnya yang juga tidak kalah penting bagi sistem kelistrikan pada motor anda terutama bagian lampu adalah kabel lampu itu sendiri. Tanpa kita sadari, sering kali kabel pada lampu motor kita sudah rusak bahkan meleleh sama sekali. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap lampu motor anda sobat.

Jelas sekali ya sobat, kabel nya saja meleleh sudah pasti arus listrik yang akan mengalir untuk menyalakan lampu tersebut juga akan terganggu apalagi pada saat anda melakukan gas. Untuk itu sobat, pastikan anda melakukan pengecekan secara rutin terhadap komponen – komponen kecil seperti ini, yang mungkin memnag bagi kebanyakan orang hal seperti ini merupakan hal yang tida terlalu serius, tetapi jika dibiarkan berlangsung lama bisa saja akan berakibat fatal nantinya.

5. Socket Lampu Karatan dan Longgar

Penyebab lampu motor redup saat di gas yang terakhir yakni terdapat karat pada bagian socket. Socket pada lampu yang karatan dan longgar juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan lampu kendaraan anda akan redup pada saat di gas. Hal ini terjadi akibat karat yang berada pada socket lampu anda menghalangi arus yang akan masuk ke lampu itu sendiri, selain itu posisi socket yang tidak pas atau longgar juga mengakibatkan arus listrik yang akan di alirkan pada bohlam lampu anda akan terganggu.

Jelas saja ya sobat, karena posisi socketnya saja sudah tidak pas pada posisi sebenarnya maka secara otomatis arus yang masuk pun tidak akan berjalan dengan normal. Jika arusnya sudah tidak normal maka dapat dipastikan cahaya atau terang yang dihasilkan oleh lampu tersebut tidak akan maksimal seperti normalnya, apalagi pada saat motor anda di gas. Jadi untuk mengantisipasi hal ini terjadi, lakukanlah pengecekan secara berkala terhadap socket lampu motor anda ya sobat.

Sekian informasi yang penulis bagikan pada artikel kali ini ya sobat mengenai penyebab lampu motor redup saat di gas. Penulis  berharap infromasi ini dapat bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Salam hangat dan salam otomotif sobat.

Posting Komentar untuk "Sebab dan Cara Memperbaiki Lampu Motor Redup Saat di Gas"