Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Sebab dan Cara Mengatasi Honda Beat Ngempos

Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor terutama motor jenis Honda Beat adalah “ ngempos “ ya sobat. Mungkin bagi yang mengerti akan komponen – komponen motor mungkin saja mudah baginya untuk mengetahui asal dari masalah “ ngempos “ tersebut , sehingga bisa dengan segera melakukan perbaikan.

Tetapi jika anda adalah seorang yang awam akan komponen motor tentunya ini akan menjadi masalah besar bagi anda nantinya. Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membagikan infomasi kepada sobat semua tentang penyebab Honda Beat ngempos ya sobat, agar anda lebih mengerti komponen mana saja yang memengaruhi masalah ini, serta bagaimana langkah perbaikan yang harus anda lakukan. Yuk sobat kita simak ulasan berikut ini.
Cara Mengatasi Honda Beat Ngempos

1. Filter Udara Motor Anda Kotor

Salah satu penyebab Honda Beat ngempos yang pertama adalah filter udara pada motor anda kotor atau tidak bersih. Saringan udara yang kotor, membuat udara yang masuk ke runag pembakaran pun tentunya akan ikut kotor yang mengakibatkan sistem pembakaran pada motor anda tidak tepat, sehingga pada akhirnya Honda Beat anda akan mengalami “ ngempos”. 

Untuk itu, cara mengatasi motor ngempos upayakan agar filter udara PAda kendaraan kesayangan anda bersih ya sobat, agar tidak terjadi masalah nantinya.

2. Tenaga Spul yang Lemah

Penyebab Honda Beat ngempos yang kedua ialah karena tenaga spul mulai melemah. Spul merupakan komponen apda motor yang berbentuk seperti kumparan tembaga. Apabila spul motor anda ada masalah, tentunya sudah pasti sistem pengapian juga akan terganggu dan terjadi masalah.

Spul yang bermasalah biasanya akan menghasilkan pengapian yang kecil yang nantinya akan membuat motor anda “ ngempos”, untuk itu pastikan spul pada motor anda tetap berfugsi dengan baik ya sobat, lakukanlah pengecekan secara berkala.

3. Pilot Jet Kotor

Penyebab Honda Beat ngempos yang berikutnya adalah pilot jet pada motor anda kotor. Komponen yang berfungsi untuk mengalirkan materi bahan bakar apda saat RPM bawah hingga menengah ini memang agak sering bermasalah. 

Masalah utamanya adalah karena pilot jet ini kotor karena jarang dibersihkan, yang mengakibatkan jalan masuk pilot jet ini tersumbat ke ruang pembakaran pada mesin motor anda. Untuk itu sobat, selain melakukan pengecekan secara rutin, pastikan anda juga membersihakn bagian ini secara rutin ya sobat agar Honda Beat kesayangan anda terhindar dari “ ngempos “ .
Baca juga: Cara Mengatasi Motor yang Mogok Karena Banjir

4. Honda Beat Anda Mengalami Over Jeat Mesin

penyebab tarikan motor ngempos yang berikutnya adalah mesin anda berada pada suhu yang tinggi alias over heating. Over heating pada motor ini biasanya terjadi karena sistem pendingin mesin pada motor anda sudah tidak berfungsi dengan baik dan bisa juga sistem pendingin tersebut sudah mati.

Untuk mengatasinya, sebaiknya motor anda dimatikan total terlebih dahulu untuk beberapa waktu sampai kondisi mesinnya benar – benar dingin. Setelah itu, seabiknya beli lah cairan pendingin mesin agar performa mesin Honda Beat anda kemabali lagi seperti semula.

5. Sistem Injeksi Honda Beat Anda Bermasalah

Selain itu, faktor yang menjadi penyebab motor “ ngempos “ adalah sistem injection yang terdapat pada motor anda mengalami masalah sehingga kadang kala menjadi penyebab motor ngempos di rpm tinggi. Mesin dengan menggunakan fuel injection biasanya sudah menggunakan komponen full elektornik, yang memang sangat rentan dengan kerusakan apabila tidak menegrti cara perawatannya.

Bisa saja beberapa dari komponen tersebut ada yang bermasalah, sehingga sistem injectionnya pun ikut bermasalah, yang nantinya juga akan berpengaruh pada mesin anda yang “ ngempos “. Untuk itu tetap lakukan perawatan secara berkala untuk komponen – komponen ini ya sobat.

6. Karburator Motor Anda Bermasalah

Salah satu jenis kerusakan yang biasanya terjadi pada komponen motor yang satu ini adalah kemasukan air atau kemasukan oleh kotoran sehingga mengakibatkan fungsinya sebagai pencampur bahan bakar dengan udara tidak berfungdi dengan maksimal, yang mengakibatkan sistem pembakaran pada motor anda tidak berjalan dengan maksimal seperti yang seharusnya, sehingga akan berakibat pada motor yang “ ngempos “.

Pastikan karburator pada motor anda terjaga kebersihannya ya sobat, agar komponen ini bisa bekerja dengan maksimal untuk menjalankan fungsinya. Kondisi yang kotor tentu saja akan membuat motor anda menjadi cepat rusak dan berkarat karena kurangnya perawatan serta perhatian.

7. Kompresi Mesin yang Berkurang

Penyebab Honda Beat ngempos yang terakhir ialah karena kompresi mesin mulai berkurang. Kompresi motor merupakan tekanan yang dihasilkan pada piston mesin ketika gas dan udara yang dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil. Proses kompresi motor ini berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh motor anda nantinya.

Untuk itu anda harus menjaga kompresi mesin motor anda ya sobat agar tenaga motor anda tetap terjaga dan tidak mengalami motor ngempos putaran atas pada saat anda gunakan nantinya. Ngempos tentu saja akan sangat mengganggu dan merepotkan anda saat sedang melakukan perjalanan.

Posting Komentar untuk "Sebab dan Cara Mengatasi Honda Beat Ngempos"