Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT

Apa sih unsur-unsur yang terkandung dalam pencak silat? Pencak silat adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi.Selain sebagai ilmu beladiri pencak silat juga mempunyai banyak unsur-unsur yang terkandung didalamnya.Unsur-unsur dalam pencak silat juga diperhatikan dan mempunyai manfaat yang luar biasa.

Unsur- unsur dalam pencak silat bisa meliputi seni,gerakan,olahrga ,kerohanian dll.Untuk itu mari kita ulas secara detail tentang unsur unsur yang terkandung dalam pencak silat.Lihat dibawah ini :

UNSUR-UNSUR YANG TERKANDUNG DALAM PENCAK SILAT


1.Kesehatan dan Olahraga

Pencak silat memiliki gerakan-gerakan yang dapat membuat anda menjadi lebih sehat.Selain itu pencak silat juga sebagai sarana olahraga dan pencapaian prestasi.

2.Membela Diri

Sebagai manusia kita wajib untuk membela diri dari tindak kejahatan.Apabila kita dalam keadaan terjepit dengan menguasai pencak silat ototmatis kita melawan serangan orang jahat.

3.Nilai Seni

Pencak silat memiliki gerakan = gerakan yang sangat indah.Setiap gerakan pencak silat akalu anda perhatikan dengan benar pasti mempunyai nilai seni yang tinggi.Setiap gerakan pencak silat pasti ada nilai dan maknanya.

4.Kaedah/Kaidah

Tanpa memahami kaidah dalam pencak silat dengan sungguh-sungguh maka gerakan anda pasti akan tersa hampa tanpa bobot.

5.Nilai kehidupan

Dalam setiap gerakan pencak silat ada makna dan arti tentang kehidupan.Selain itu pencak silat juga mengajarkan bagaimana tata cara hidup antar sesama manusia dan menciptakan kedamaian.Selain itu pencak silat juga mengajrkan ilmu kerohanian agar batin dan jiwa kita menjadi tenang.

6.Filosofi

Bnyak bahasan tentang filosofi pencak silat,kita dapat mengaitkan filosofi dalam setiap sikap dan tata gerak dalam pencak silat.

7.Unsur Iram (Musik)

Unsur inilah yang membedakan aspek seni dengan aspek yang lain dalam pencak silat.Apabila gerakan pencak silat diiringi degan musik yang khusus maka gerakannya menjadi sangat seni dan indah.

8.Unsur Gerakan

Dalam pencak ada beberapa gerakan seperti tangkisan,pukulan,kuda-kuda,maupun bantingan dan jurus.Kalu semua digabungkan maka akan menciptkan gerakan yang sangat dahsyat.Gerakan pencak silat merupakan gerakan yang diconto dari alam dan menyatu dengan alam.

Demikianlah unsur-unsur yang terkandung dalam pencak silat.Pencak silat memang mempunyai beberapa unsur dari berbagai segi yang sangat bermanfaat buat kehidupan.Semoga dapat bermanfaat.Terima kasih

Posting Komentar untuk "8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT"