Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

MAHIR MELAKUKAN SPLIT DARI BERBAGAI ARAH

Mahir Melakukan Split Dari Berbagai Arah – Split adalah gerakan melenturkan kaki  yang dilakukan secara perlahan agar tidak merobek otot tendon.Pernahkah anda melihat penari Balet dan breakdance? Mereka dengan mudah melakukan split kaki baik dari samping maupun depan terkadang ada juga yang digantungkan dileher.Pada saat melihatnya pasti terkagum-kagum dan dibenak anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara melakukan split bisa santai dan rilek?

Untuk melakukan pelenturan kaki atau split sebenarnya dapat dilakukan hampir setiap orang.Dengan melakukan sebuah peregangan yang teratur dan hati-hati pada akhirnya bisa melakukan split dengan rilek.Mungkin bagi anda yang mengikuti latihan beladiri hal ini juga sangat penting dilakukan karena dengan split kaki tendangan anda bisa maksimal.Kali ini Seni Pencak akan membantu kalian semua dengan memberikan sebuah Cara Mudah Melatih Split Dari Berbagai Arah.



Tehnik Agar Bisa Split Bagi Pemula

MELATIH PEREGANGAN KAKI


Sebelum memulai latihan split ada beberapa gerakan peregangan yang harus anda lakukan,agar tidak mudah cidera.Perhatikan dibawah ini :

1.Lakukanlah lari kecil atau putar lapangan selama 15 menit agar otot-otot yang kaku bisa lemas.

2.Lakukan peregangan tangan dengan cara jari-jari dikaitkan dan ditarik keatas secara perlahan-lahan biarkan selama 10 detik kemudian tarik kesamping kanan,kiri dan turunkan sampai tanah,untuk hitungannya sama.

3.Setelah itu posisi kuda-kuda tengah kedua tangan memegang lutut kemudian bergerak kesamping kanan dan kiri durasi waktu sepuluh menit.

4.Posisi kaki depan agak ditekuk sementara kaki belakang agak ditarik kebelakang tangan bisa divariasi keatas maupun memegang kaki depan .Lakukan secara bergantian.

5.Posisi berdiri buka kaki agak lebar lebar cium lutut kanan dan lutut kiri.

6.Posisi berdiri satu kaki diangakat dang ditekuk sampai lutut menyentuh dada kemudian tarik secara perlahan kedepan dengan menyentuh jari-jari setelah itu tarik kesamping pelan-pelan sampai kaki lurus.Kalau terasa sakit turunkan dan dilatih setiap hari sampai rasa sakit itu hilang.

7.Posisi duduk seperti orang bertaba akan tetapi posisi kakinya didepan tempelkan tumit dan pegang ujung kaki dengan kedua tangan posisi siku dipaha badan agak dibungkukkan secara perlahan-lahan.

MELATIH GERAKAN SPLIT


Dalam melakukan latihan splint latihan peregangan diatas harus sudah dilakukan kalau tidak bisa berbahaya,karena otot yang belum siap bisa robek.

1.Untuk melakukan sebuah split sebaiknya dilakukan dari depan dulu dengan cara kaki depan sebagai tumpuan kalau bisa jangan bergerak sedangkan kaki belakang ditarik kebelakang secara pelan-pelan dan rasakan.Untuk posisi kedua tangan berpegangan ditanah .

2.Lakukan gerakan mengayun kaki kebawah secara perlahan lahan dan rasakan,kalau diujung paha terasa sakit kembali beridiri.Lakukan gerakan itu secara berulang ulang sampai otot paha terbiasa dan lama-lama terasa tidak sakit.

3.Ingat setelah anda bisa melakukan split depan dan otot sudah lentur kalau masih sakit jangan dipaksakan kemudian tempelkan dada sampai kelutut dan biarkan selama beberapa menit.

4.Setelah anda dapat melakukan split depan dengan baik sekarang saatnya untuk melakukan split dari samping,mungkin gerakan ini agak begitu sulit karena memerlukan kelenturuan otot yang yang luar biasa.

5.Untuk melakukan split dari samping yaitu dengan cara buka kaki selebar bahu kaki kanan sebagai tumpuan dan yang satunya ditarik kesamping secara perlahan-lahan dengan tangan menyentuh tanah,

6.Lakuak gerakan mengayun ayun kaki secara perlahan,kalau terasa sakit segara duduk anda bisa lakukan gerakan tempelkan dada sampai lutut mulai dari kaki kanan kemudian gantian kaki kiri.

7.Lakukan gerakan nomer 6 sampai otot bisa beradaptasi,dan anda bisa melakukannya dengan santai.

Demikianlah Cara Mudah Melatih Split Dari Depan,perlu diingat untuk melatih split tidak bisa dilakukan secara instan,harus dilakukan secara hati-hati dan bertahap.Pada saat anda latihan terasa sakit segera berhenti dan di ulangi lagi sampai otot anda benar-benar lentur.Cukup sekian,semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "MAHIR MELAKUKAN SPLIT DARI BERBAGAI ARAH"