Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Macam Variasi Gerakan Pull Up Biar Lebih Maksimal

10 Jenis Variasi Gerakan Pull Up - Pull up adalah gerakan yang sangat efektif untuk melatih tubuh pada bagian atas.Mungkin,bagi anda yang sudah biasa melakukan gerakan pull up pasti menjadi mudah dan tidak terlalu berat lagi.Namun,khususnya bagi anda pemula mungkin gerakan pull up akan sedikit menyulitkan anda.

Apabila dilihat gerakan ini sangatlah sederhana dan mudah dilakukan.Tapi jika dipraktekkan  susah bukan ? karena anda belum pernah melatihnya.

Dengan melakukan gerakan pull up yang monoton ,pasti anda akan cepat bosan.Selain itu tubuh anda pasti sudah terbiasa dengan pola gerakan tersebut sehingga perkembangan otot tidak signifikan.Apa yang harus dilakukan ? 

yah,anda cukup melalukan variasi gerakan pull up.Setiap gerakan pull up yang berbeda akan melakukan pembentukan otot yang berbeda pula,sehingga tubuh tidak akan terbiasa dengan pola gerakan kita dan akan lebih cepat berkembang.Yuk kita bahas tentang gerakan variasi pull up.

Macam-macam Variasi Gerakan Pull Up Biar Lebih Maksimal Dalam Membentuk Otot Bagian Atas

1.Gerakan one arm pull up

One arm pull up adalah variasi gerakan pull up yang tergolong agak sulit ,karena hanya menggunakan satu lengan untuk menahan berat badan tubuh anda.Gerakan ini hanya bisa anda lakukan ketika anda sudah memiliki kekuatan lengan yang sudah sangat terlatih.

2.Gerakan Towell Grip Pull Up
Gerakan pull up ini menggunakan handuk sebagai gripnya.Gunakan handuk yang tebal agar bisa menahan berat tubuh anda.Jika handuk yang anda pakai kurang kuat maka anda akan berisiko jatuh maupun cidera.Latihan ini dapat melatih kekuatan pegangan (grip) dan memperbesar otot lengan .

3.Gerakan weighed pull up
Jika anda sudah mampu melakukan gerakan pull up lebih dari 10 gerakan,mulailah untuk menggunakan beban agar latihan lebih maksimal.Ada 3 cara menambahakan beban pada tubuh ketika pull up seperti menggunakan rompi pemberat,menggunakan sabuk pemberat dan pemberat pergelangan kaki atau meletakkan dumble diantara pergelangan kaki yang disilangkan.

4.Gerakan chin up
Gerakan ini untuk mempertebal otot punggung dan melatih otot bicep.Chin up dilakukan dengan posisi lengan yang berlawanan dengan pull up yaitu,posisi telapak tangan menghadap ke dalam.Pastikan dagu anda melewati pull up bar.

5.Gerakan leg raise pull up

Gerakan ini untuk melatih otot dada,lengan,punggung,paha dan juga untuk melatih otot perut.Caranya posisi awal pull up,kemudian luruskan kedua kaki ke depan sehingga tubuh bagian atas dan kaki membentuk siku.Lalu,tahan kaki tetap lurus kedepan dan tarik tubuh dengan tangan seperti gerakan pull up pada umumnya.Turunkan dengan perlahan dengan posisi kaki tetap didepan.

6.Gerakan knee twist pull up
Dimulai dari gerakan awal seperti pull up.Namun sebelum ujung gerakan ,angkatlah lutut hingga mendekati dada dan putar lutut ke kanan dan ke kiri sebelum menurunkannya ke posisi semula.Seluruh otot inti anda akan bergrak dan terlatih ketika anda melakukan gerakan memutar ini.Selain itu otot pertu anda juga akan terlatih karena menahan lutut yang diangkat keatas.

7.Gerakan thrust pull up
Gerakan ini memanfaatkan  momentum dari gerakan mengayun.Momentum yang didapatkan dari ayunan tubuh kita digunakan untuk mengangkat tubuh kita untuk melampaui palang pull up.

8.Gerakan classic pull up
Mulailah dengan menggenggam pull up bar dengan telapak tangan menghadap kedepan dan posisi tangan lebih lebar dari bahu.Bairkan tubuh bergelantung lurus kebawah sehingg lengan anda akan merentang sempurna.Tariklah tubuh anda keatas dengan kekuatan otot tangan,hingga dagu melewati pull up bar.Turunkan tubuh secara perlahan ke posisi semula namun tubuh tidak boleh berayun.

9.Gerakan side to side pull up
Mulai melakukan posisi pull up seperti biasa ,pusatkan tenaga dilengan kanan ketika menarik tubuh keatas,sehingga tubuh akan tertarik kesalah satu sisi.Lakukan juga dengan pemusatan kekuatan di tangan kiri.Latihan ini untuk memusatkan otot masing-masing lengan.

10.Gerakan tarzan pull up
Genggamlah pull up bar dengan posisi kedua tangan berada pada palang pull up.Tarik tubuh keatas namun sbelum berada diujung,belokkan tubuh anda kekanan.Lakukan hal yang sama kenan dan kekiri.Ingat latihan ini butuh koordinasi ketika kenarik tubuh ke sisi kanan dan kiri,sehingga otot perut akan terlatih.

Pull up merupakan olahraga yang bagus untuk membentuk otot bagian tubuh atas.Jika anda belum pernah melakukan gerakan ini akan sangat menantang dan meguras tenaga.Jika anda sudah sering melakukan silahkan variasi geraakn anda,agar hasilnya lebih maksimal dan tidak membosankan.Silahkan mencoba !!!!

Posting Komentar untuk "Macam Variasi Gerakan Pull Up Biar Lebih Maksimal"