Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Transmisi Mobil Mulai Bermasalah? Kenali Tanda-Tandanya

ciri transmisi mobil bermasalah

Fungsi utama transmisi adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian roda, dengan begitu mobil pun bisa melaju sesuai dengan keinginan. Namun sayangnya komponen ini bisa saja mengalami kerusakan sampai mengakibatkan mobil mogok.

Kerusakan pada transmisi ini bisa diketahui oleh pengemudi dengan melakukan pengecekan secara cermat.

Segera periksakan mobil kesayangan Anda ke bengkel resmi Suzuki Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang jika satu saja gejala terdeteksi.

Gejala Kerusakan pada Transmisi Mobil yang Mudah Dikenali

Penyebab kerusakan transmisi mobil yang paling sering tidak lain adalah cara berkendara yang ugal-ugalan. Contohnya saja keseringan melakukan engine brake khususnya saat putaran mesin diatas 3.000 rpm.

Akibatnya adalah hard friction yang bisa mengurangi usia dari kopling gesek. Jika sudah tidak dapat digunakan, Anda pun harus mengganti komponen kopling dengan yang baru.

Nah untuk menghindari kerusakan semakin parah, ada baiknya untuk mengenali gejala rusaknya transmisi berikut ini.

Muncul Suara Berdengung pada Sistem Transmisi

Suara adalah gejala pertama yang sering muncul dan mudah dikenali. Ketika sistem transmisi mengalami kerusakan suara berdengunglah yang mucul dan beberapa justru mirip dengan ketukan tumpul.

Sumber suara sendiri ada di bagian bawah mesin dan penyebab utamanya adalah benturan komponen yang terlalu keras. Jika terdapat hambatan seperti diringan oli transmisi tidak kuat maka mekanisme pergerakan akan menimbulkan bunyi tersebut.

Respon Mesin Terlambat

Tidak hanya suara yang berdengung, Anda juga merasakan mesin yang telah merespon padahal sudah menginjak pedal gas dalam-dalam. Mobil pun tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan Anda.

Selain telat merespon, suara berderu juga akan terdekat saat pedal gas diinjak. Jika gejala ini muncul Anda wajib mengecek bagian sistem transmisi. Kerusakan bisa bersumber pada menipisnya drive plate atau body valve yang lemah.

Terjadi Kebocoran pada Cairan Transmisi

Kebocoran selalu jadi penyebab kerusakan mesin, termasuk cairan transmisi. Baik itu transmisi pada mobil manual atau matic, kebocoran cairan transmisi bisa terjadi. Bedanya, pengecekan lebih sulit dilakukan pada mobil manual karena harus membuka kotak transmisi.

Pada mobil matic, Anda hanya perlu menarik dipstick saja. Cermati kemudian apabila terjadi kebocoran dan pastikan kualitas cairan transmisi ini berwarna merah terang serta bersih. Jika warnanya berubah gelap maka Anda perlu segera menggantinya.

Mobil Bergetar Ketika Melalui Jalan Mulus

Getaran mobil yang muncul saat melewati jalanan mulus jadi gejala selanjutnya yang harus diperhatikan. Anda tentunya akan mudah merasakan getaran ini saat berada di jalan aspal yang halus.

Penyebabnya sendiri biasanya berawal dari kampas kopling yang aus. Kemudian pada saat digunakan permukaan kampas kopling tidak merata dan menimbulkan getaran. Jangan biarkan getaran ini terus menerus karena akan merusak kampas kopling secara keseluruhan.

Kesulitan untuk Berpindah Gear

Bagi Anda yang masih menggunakan mobil dengan transmisi manual, kerusakan bisa terjadi pada saat gear sulit dipindahkan. Biasanya kerusakan berawal dari komponen yang jugug tas dengan gardu koping yang bermasalah.

Bisa juga karena pada bagian tersebut komponen mengalami keausan namun tidak segera diganti. Gear yang sulit dipindahkan akan menjadi penyebab kecelakaan, karena mobil sulit untuk dikendalikan.

Tercium Bau Terbakar

Bukan hanya mesin yang bisa mengalami overheat, namun juga sistem transmisi. Biasanya dapat dikenali dengan muncul bau seperti oli terbakar. Kebocoran menjadi penyebab munculnya bau ini yang harus segera diatasi.

Bisa juga disebabkan karena menurunnya kualitas dari pelumas. Sama seperti oli mesin, oli transmisi bekerja untuk melumasi pergerakan komponen sekaligus menyerap suhunya. Sehingga tidak terjadi overheat yang menimbulkan bau.

Sistem transmisi adalah komponen yang sangat mahal, sehingga perawatannya perlu diperhatikan. Menghindari munculnya gejala di atas, Anda sebaiknya melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki berikut ini.
  1. Sejahtera Buana Trada di Riau, website : https://suzukimobilriau.co.id/
  2. Elang Perkasa Motor di Sumbar , website : http://suzukiepmsumbar.co.id/
  3. Jaya Indah Motor di Jambi, website : https://suzukijambi.co.id/
  4. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu, website : https://suzukibengkulu.co.id/
  5. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumsel, website : https://suzukithamrin.co.id/
  6. Jagorawi Motor di Bangka Belitung, website : https://suzukijagorawi.co.id/
  7. Persada Lampungraya di Lampung, website : https://suzukilampung.co.id/
  8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang di Jaktim, website : https://suzukidealerkalimalang.id
  9. Sejahtera Armada Depok di Depok, website : https://suzukimargondadepok.co.id
Anda cukup memilih salah satu bengkel resmi terdekat dari daftar tersebut kemudian akses websitenya untuk menjadwalkan servis.

Posting Komentar untuk "Transmisi Mobil Mulai Bermasalah? Kenali Tanda-Tandanya"