Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Memperbaiki Aki Kering pada Motor Sendiri

Aki kering maupun aki basah mempunya beberapa fungsi atau manfaat yang sama yakni pada kapasitas amper nya bisa dari yang tinggi hingga yang pendek. Perbedaannya hanya terletak pada bagaimana keefisiennya saja. Namun perlu kita ketahui bahwa apabila dibandingkan dengan aki basah, aki kering atau aki MF (maintenance free) memiliki kelebihan yang paling bagus, ini karena komposisi bahan material yang digunakan menggunakan part tertentu yang bisa tahan dari karatan. Namun juga perlu kita ketahui, apabila kita bedakan sama aki basah, aki kering memiliki biaya yang mahal tiap unitnya.

Penting untuk kita ketahui apabila kita menggunakan aki kering kita harus mengetahui dan memahami cara memperbaiki daripada kita harus pergi ke bengkel dan mengeluarkan biaya yang banyak untuk memperbaiki aki kering yang rusak. Terutama yang patut kita ketahui bersama dalam memperbaiki aki sendiri adalah mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan . Namun bergitu alat-alat yang perlu disiapkan mudah untuk didapatkan, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi dalam melakukan pembelian. Adapun alat-alat yang digunakan untuk melakukan perbaikan adalah sebagai berikut:
  1. Cairan Aki
  2. Obeng
  3. Kain Lap
  4. Perekat atau lem plastik
  5. Sped atau suntikan plastik
Yang terutama dilakukan yaitu kita harus mencari cairan aki untuk mengisi aki yang baru. Ini dikarenakan kapasitas air akinya akan berbeda daripada yang kita gunakan untuk memuat ulang air aki menggunakan suntikan plastik. Apabila peralatang tempur sudah siap semuanya, selanjutnya kita mulai langkah-langkah memperbaiki aki kering.

Berikut adalah tips dan trik cara memperbaiki aki kering sendiri tanpa ke bengkel:

1. Mempreteli atau Membongkar Aki

Sebelum membuka aki sebaiknya kita bersihkan dulu agar kotoran-kotoran tidak bercampur. Kita bisa mulai dengan membersihkan bagian luar dari akinya. Untuk membersihkannya juga cukup mudah. Kita bisa menggunakan kain lap atau semacamnya agar debu-debu yang menempel bisa dihilangkan. Setelah semua terasa bersih baru aki bisa kita buka.

Untuk membuka aki kering, kita bisa memanfaatkan obeng dengan cara mencongkel pada bagian tutup atau kepala aki hingga bisa dibuka atau dilepaskan, kita harus bersabar dalam membuka aki karena memang rata-rata aki keras untuk dibuka. Harap berhati-hati dalam membuka aki, bukalah dengan lembut agar aki tidak rusak atau bocor.

2. Pengisian Air Aki

Setelah kita berhasil membuka penutup aki, langkah seterusnya yaitu kita siapkan sped atau suntikan plastik serta kain lap. Sebelum melakukan pengisian aki, kita harus melakukan cek keadaan aki kita. Kita harus memastikan
apakah bagian lubang pada aki kering sudah terbuka atau belum. Rata-rata aki menggunakan antara dua hingga sepuluh karet, ini bergantung pada berapa komposisi amper.

Apabila jumlah karet banyak, makin besar pula komposisi aki tersebut karena ada banyak sel-sel di dalam aki tersebut. Nah dalam melakukan pengisiannya caranya adalah yang pertama kita mempersiapkan air aki dan sedot dengan suntikan plastik tadi. Setelah itu kemudian kita suntikkan ke dalam lubang karet aki kira-kira dengan jarak 2 cm di bagian bawah lubang. Kita lakukan dengan hingga rata dan pastikan kita mengisinya sampai full alias penuh.

Seandainya telah kunci percakapan bidang lubang karet dan pastikan tak enteng di buka tengah. teliti bidang aki yg telah diisi selanjutnya usahakan pepet dgn perbincangan dan tak ada kebocoran terhadap aki. sesudah usaha pengisian aki tuntas, pasang pula penutup aki maka aki nampak seperti baru. Pastikan pemasangan pemungkas dgn musyawarah. apabila untuk penghujung terselip cekah atau singkat kecelaanmampu di rekatkan bersama lem plastik yg telah kamu sediakan

3. Isi daya setrum Aki

daya upaya setelah itu yg dapat dilakukan yakni isi tegangan daya atau mampu jug dinamakan berikan listrik buat aki. taktik ini yaitu metode pengisian daya, identik factor nya saat kita menyegarkan telepon selular atau notebook dgn adaptor. bakal lagi pula tidak cuma itu berulang ada juga pengisian aki memakai aki motor. menjadi ada 2 rumus yakni bersama mengecas aki dan memakai aki motor lain.

- Isi aki

Yg awal yakni resep isikan aki dgn memakai menyegarkan aki. memakai menyegarkan adaptor aki memang lah amat efisien dekat pengisian daya nya. fasilitas ini persis aspek nya denga trafo yg dimanfaatkankepada mengecas telephone seluler atau netbook. bakal sebaliknya guna menyegarkan aki daya dan isi amperenya tentu lebih besar.

Fasilitas telah tidak sedikit dipasarkan oleh bakul aki dan tidak sedikit dipakai oleh jasa listrik aki dan tukang service aki. Caranya persis bersama cara pengecasan seperti yg kamu jalankan terhadap telephone seluler dll. Lebih bagusnya dikala memanfaatkan trick ini yakni tersedia penunjuk jikalau daya telah terisi penuh bagi aki dan aki selesai kepada digunakan.

- Jumper untuk Aki Motor

Kemudian merupakan trik jamper kepada aki motor lain. butuh di ketahui bahwa kalau memakai kiat ini mesti menonton mata air daya aki yg diperlukan pada kondisi prima. Caranya jalankan bersamamenjamper aki dan nyalakan motor kendaraan kamu. Nyalakan mesin ajaib lebih dekat ketika 30 menit hingga 1 jam.

Memakai resep ini memang lah tak se efisien bersama memanfaatkan mengecas. dgn jamper buat aki motor lain, paling tak ada daya pertama guna aki yg bakal diisi sebelum dipakai guna kendaraan kamu. sesudah kamu isikan dan kamu pasang buat motor kamu, usahakan masih jalankan pemasan mesin motor pada lokasi stasioner sebelum kamu memanfaatkan piranti lain buat motor kamu supaya situs aki yg diperlukan seimbang.

Aki yg disaat ini tidak jarang dimanfaatkan guna motor kendaraan benar-benar ternama anti perawatan, walaupun seluruhnya elemen tentunya memiliki periode repot atau tenggat kala pemakaian. Salah wahid guna menonton termin kala aki ini bersama rumus memeriksa dengan cara teratur pada elemen kebersihannya. Sebagus apapun aki yg kita miliki apabila tak di piara bakal segera rusak.

Melindungi kebersihan aki dengan cara teratur butuh dilakukan selanjutnya usahakan sebelum memakain kendaraan pastikan pada melakukn pemanasan untuk mesin kendaraan. aspek ini legal untukseluruhnya kendaraan apik motor ataupun sepeda motor yg memanfaatkan aki garing atau aki MF khusunya. teliti semula sekering kendaraan, apik pada sistematika kabelnya. jikalau sebentar saja kelihatanbongkar-bangkir sehingga dapat memunculkan konsleting terhadap motor kendaraan kamu.
benar-benar bersama melaksanakan sekian banyak metode di atas tak menjamin bahwa aki yg diperbaiki juga seperti baru masih. dapat sebaliknya kalau kita tonton dan menuruti kiat yg cocok di atas bakalmemperoleh keluaran yg maksimal terhadap aki semampang tak berlangsung bagi keburukan fisik yg fatal buat aki diawal mulanya. Mudah-mudahan bermanfaat. Sumber http://motorplusindonesia.blogspot.co.id

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Aki Kering pada Motor Sendiri"