Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Batu 12 dan 13 Sudut di Dinding Inca

Peradaban Inca dikenal untuk kecanggihan teknik batu mereka, banyak karya-karya bangunan batu mereka masih dapat dilihat hingga hari ini seperti di Machu Picchu dan Sacsayhuaman di Peru. Dinding-dinding batu besar mereka menampilkan blok-blok batu besar yang dipotong dengan hati-hati dan diletakkan atau disusun erat bersama-sama tanpa mortar (semen) dan dengan tingkat presisi yang tak tertandingi di tempat lain di Amerika.



Batu-batu yang mereka susun tanpa semen itu begitu rapatnya, hingga sehelai kertas pun tak akan dapat masuk diantara batu-batu. Presisi ini, dikombinasikan dengan sudut-sudut bulat dari tiap blok batu, berbagai bentuk saling kunci mereka, dan cara dinding bersandar ke dalam telah membingunkan para ilmuwan bingung selama beberapa dekade. Metode yang digunakan untuk mencocokkan dengan tepat bentuk batu dengan batu yang berdekatan masih belum diketahui.

Yang paling terkenal dari semua itu adalah batu dua belas siku, yang terdapat di dinding istana Hatun Rumiyoc, saat ini terletak di tepi sebuah jalan di Cuzco, yang menarik banyak wisatawan dari jauh yang ingin melihat dari dekat karya batu yang luar biasa dari Inca. Istananya telah hancur dan satu-satunya bagian yang tersisa sempurna adalah dinding geometris ini.

Batu 12 Siku

Para pekerja Inca tidak perlu menggunakan mortar untuk merekatkan blok-blok batu ini. Sebaliknya, mereka menggunakan geometri yang tepat untuk memotong batu dan menciptakan ketat sendi.

Lihatlah semua sudut yang ada di satu potongan batu ini, diikuti oleh sudut-sudut batu-batu lainnya yang sesuai membuat semuanya cocok bersama-sama. Ini seperti puzzle batu yang unik.


Batu-batu ini sangat besar (ratusan kilo hingga ton) dan cocok bersama-sama dengan sempurna. Dinding yang sama dapat dilihat di seluruh Sacred Valley dari Inca. Bagaimana Inca, sekitar 500 hingga 800 tahun yang lalu mampu memotong batu-batu besar dengan presisi sehingga ketika ditempatkan satu batu di atas yang lain, batu cocok bersama dengan sempurna, masih misteri. Bahkan sekarang, mustahil untuk kertas atau pisau tipis diantara potongan batu-batu ini, pekerjaan toko dilakukan dengan presisi tersebut.




Bangunan di sisi berlawanan dari jalan dimana terdapat dinding Inca (jalan ini lebarnya hanya 3 meteran), dibangun oleh Spanyol. Perbedaannya sangat terlihat jelas. Mestinya tukang batu spanyol bisa belajar dari Inca yang luar biasa dalam bangunan batu mereka,  ..... sayang itu tidak pernah terjadi.

Dinding Batu yang dibuat oleh Spanyol

Pada akhir tahun lalu, para arkeolog di Peru telah menemukan sebuah dinding Inca kuno saat penggalian di situs arkeologi Incahuasi di Huancavelica, Peru, yang terdapat batu yang dipotong dengan tiga belas sudut, dan cocok dengan sempurna di antara blok-blok batu sekitarnya.

Batu dengan 13 Sudut

Menurut Kementerian Kebudayaan Peru, batu dengan tiga belas sudut ditemukan di dinding Inca yang membentuk bagian dari sistem hidrolik di Incahuasi, sebuah situs arkeologi penting yang mengandung banyak reruntuhan Inca.

Inca menciptakan jaringan interkoneksi saluran untuk menerima air yang turun bukit dan masuk ke Sungai Viscacha. Namun, tidak jelas apakah saluran air Inca ini dimaksudkan untuk keperluan pertanian atau ritual, atau keduanya. Budaya Inca menghormati mata air, danau, dan gletser, yang dipandang sebagai tempat keramat.
Cara Memilih Jam Tangan yang Tepat untuk Pria
Dari berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Batu 12 dan 13 Sudut di Dinding Inca"